Friday, June 29, 2012

ITALY vs SPAIN di final euro 2012

Italia lolos ke final Piala Eropa 2012 setelah di semifinal menang 2-1 melawan Jerman, Jumat (29/6) dinihari. Penyerang bengal Mario Balotelli menjadi pahlawan Tim Azzurri dengan memborong dua gol pada babak pertama.

Italia tampil percaya diri saat menghadapi Jerman. Catatan belum pernah kalah membuat Azzurri tampil pede. Mereka membangun serangan sejak kick off. Beberapa kali kiper Jerman Manuel Neuer harus berjibaku untuk menyelamtkan gawangnya.

Anak didik Cesare Prandelli membuka keunggulan pada menit ke-20. Balotelli yang berbadan tinggi memanfaatkan keunggulan itu untuk menyundul bola hasil umpan silang Antonio Cassano. Neuer gagal menepis bola dan Jerman tertinggal 0-1. Ini kali pertama Tim Panser ketinggalan skor.

Setelah kebobolan Jerman bermain agresif. Namun sundulan Gomez, memanfaatkan umpan Boateng, masih melebar. Di menit ke-26, Gomez memberikan umpan kepada Ozil, yang langsung menembaknya ke gawang Italia. Tetapi tendangan mudah diantisipasi kiper Gianluigi Buffon.

Selain Gomez dan Ozil, Kroos dan Podolski juga berupaya menjebol gawang Buffon. Namun upaya mereka berdua menemui jalan buntu. Sundulan dan tendangan masih melenceng dari sasaran.

Justru Italia yang menambah keunggulan lewat tendangan keras Mario Balotelli. Gol ini lahir melalui skema serangan balik yang cepat. Riccardo Montolivo memberikan umpan terobosan kepada Balotelli. Penyerang Manchester City ini lolos dari jebakan offside, lalu menggiring bola dan melesakkan tendangan keras. Skor 2-0 bertahan sampai istirahat babak pertama.

Di babak kedua, Jerman memasukkan dua pemain baru. Marco Reus menggantikan Lukas Podolski dan Miroslav Klose menggusur Mario Gomez. Tambahan pemain baru ini membuat serangan Jerman lebih bervariasi. Mereka lebih agresif dibanding babak pertama.

Di menit ke-61, Jerman mendapat peluang emas. Namun tendangan bebas Reus masih bisa ditepis oleh kiper Buffon. Penyelamatan gemilang karena tendangan itu mengarah ke sudut gawang yang sulit dijangkau.

Sampai waktu normal usai, usaha Jerman tak membuah hasil. Mereka mendapat gol hiburan pada injury time, ketika wasit S. Lannoy menunjuk titik putih karena pemain Italia Balzaretti menyentuh bola di kotak terlarang. Mesut Ozil menjalankan tugasnya dengan baik sehingga memperkecil kekalahan Jerman menjadi 2-1.

Hasil Jerman vs Italia (1-2) ini menambah catatan buruk Tim Panser yang tak pernah menang melawan Italia di kompetisi utama. Sedangkan Italia lolos ke final dan akan bertemu Spanyol.

http://gilabola.com/hasil-euro-2012-italia-bertemu-spanyol-di-final/http://gilabola.com/hasil-euro-2012-italia-bertemu-spanyol-di-final/

No comments: